Tuesday, June 1, 2010

Makalah Filosofi Keranda Mayat

“Bekerjalah seakan-akan kamu akan hidup selamanya dan beramallah seakan-akan kamu akan mati besok”. Ungkapan ini adalah ungkapan yang tepat saya ucapkan ketika saya mengikuti sholat berjamaah di sebuah masjid di daerah Ngalian.
Peristiwa ini terjadi pada hari Jumat, 1 juni 2007. Saya mengikuti shalat Jumat bersama di sebuah masjid di kota Semarang. Ketika itu, sang Khatib sedang ceramah dan saya dengan khidmat mendengarkan ceramah beliau. Tiba-tiba di depan saya disodorkan kotak kecil ( kotak amal ) yang bentuknya tidak lazim dan sangat aneh. Bentuk kotak ini baru pertama kali saya jumpai selama hidup saya.
Keranda, itulah bentuk kotak tersebut. Siapapun yang melihat pasti dia akan tersentak dan pasti langsung teringat pada kematian. Orang akan segera sadar lalu mengubah sikap dan perilakunya jika orang tersebut ingat pada kematian. Nilai filosofi keranda inilah yang mengingatkan kita untuk selalu beramal dan giat dalam beribadah.
Saya sangat salut dan berterima kasih sekali pada takmir masjid tersebut yang telah mengingatkan saya pribadi dan kaum muslim pada umumnya untuk selalu beramal demi bekal besok di hari akhir.

No comments:

Post a Comment

COMMENT

Mobile Uploads Slideshow: Nur’s trip from Solo, Java, Indonesia to 2 cities and Semarang was created by TripAdvisor. See another Indonesia slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.