Tuesday, June 1, 2010

Menjadi Guru Profesional

Keberadan guru bagi suatu bangsa amatlah penting,, terlebih untuk saat sekarang yang sedang dihadapkan dengan perjalanan zaman dengan teknologi yang kian canggih dan segala perubahan serta pergeseran nilai yang memaksa kita untuk selalu mengikuti dan menyesuaikan diri agar tidak menjadi negara tertinggal.
Bagi mereka yang peduli dengan dunia pendidikan, atau bahkan bagi mereka yang aktif terlibat dalam dunia pendidikan, kompetensi guru merupakan masalah yang selalu menarik untuk dibahas. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal.
Pertama, proses pendidikan dan pembelajaran merupakan proses mengelola sumber daya manusia yang menjadi interest semua pihak. Jadi, keberhasilan pendidikan dalam hal ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam memhami, menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki anak didik yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.
Kedua, keberhasilan pendidikan sangat dipengaruhi oleh kinerja guru dalam menjalankan tugas dan profesinya. Seorang guru memiliki tiga tugas yang harus dia jalankan secara professional, yaitu tugas dalam bidang profesi, tugas kemanusiaan dan tugas dalam bidang kemasyarakatan. Oleh karena itu, dia harus mampu memilah dan menempatkan ketiga tugas tersebut secara proporsional.
Ketiga, guru merupakan salah satu profesi yang sangat terbuka. Artinya, banyak orang yang melaksanakan tugas sebagai guru dan berprofesi sebagai guru, namun tidak memiliki pendidikan formal keguruan. Bahkan ada sebagian guru yang mengajar atas dasar kemauan dan keikhlasan mengabdi menjadi guru.
Mewujudkan guru profesional
Mengingat begitu penting peranan guru dalam dunia pendidikan, maka seorang guru di tuntut benar- benar profesional dalam menjalankan tugasnya. Tugas guru meliputi : mendidik, mengajar dan melatih.
Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa sesuai bakat dan minatnya.
Sebelum melaksanakan ketiga tugas diatas, seorang guru di tuntut mampu membuat perencanaan yang matang sesuai dengan standar kompetensi yang akan di capai. Perencanaan itu meliputi : silabus, program tahunan, program semester maupun rencana harian.
Langkah ini sangat penting dilakukan oleh seorang guru untuk mempermudah dan meningkatkan proses belajar mengajar sehingga hasil belajar yang direncanakan dapat tercapai secara maksimal.
Setelah rencana pembelajaran dibuat, maka tugas selanjutnya adalah menerapkannya dalam proses pembelajaran di kelas. Yang perlu diperhatikan guru ketika proses belajar mengajar berlangsung adalah guru harus mampu memberi kesempatan belajar siswa dengan cara melibatkan siswa secara langsung dalam proses belajar. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar anak lebih aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Dengan demikian, peran guru hanya sebagai mediator dan fasilitator.
Tugas guru selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang telah berlangsung. Chabib Thoha mengemukakan tiga alasan utama mengapa dalam dunia pendidikan diperlukan evaluasi. Pertama, untuk mengetahui apakah tujuan pendidikan sudah tercapai dengan baik sebagai bahan pertimbangan untuk proses selanjutnya. Kedua, kegiatan mengevaluasi hasil belajar siswa adalah salah satu ciri pendidik professional. Ketiga, secara kelembagaan, kegiatan pendidikan adalah kegiatan manajemen yang meliputi planning, programming, organizing, actuating, controlling dan evaluating.( M. Chabib Thoha, Teknik Evaluasi Pendidikan, Grafindo Persada, 1990.)
Untuk mewujudkan dan menciptakan guru professional sesuai dengan kriteria di atas, berbagai upaya telah dilakukan oleh banyak pihak baik dilakukan di dalam negeri maupun di luar negeri seperti dengan mengadakan seminar, lokakarya pelatihan – pelatihan, maupun pertukaran guru keluar negeri .

No comments:

Post a Comment

COMMENT

Mobile Uploads Slideshow: Nur’s trip from Solo, Java, Indonesia to 2 cities and Semarang was created by TripAdvisor. See another Indonesia slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.